Sosialisasi Penerimaan Akpol Tahun 2012

Sangatta — Sosialisasi penerimaan taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dilakukan oleh pihak Polres Kutim bersama-sama dengan Polda Kaltim, dimana acara ini sendiri berlangsung di SMA 2 Sangatta Utara di Jl Soekarno Hatta. Dalam kesempatan tersebut hadir Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol Drs. Herman Ismail, Wakapolres Kutim Kompol Sutrisno, dan Kepsek SMA 2 Sangatta Utara Ketut Puriata, yang mendampingi anak-anak didiknya.

Acara sosialisasi ini sendiri, adalah untuk mencari bibit-bibit Sumber Daya  Manusia (SDM) yang berkualitas dan mumpuni. Persyaratan untuk mendapat SDM yang berkualitas adalah melalui sistem rekrutmen yang bersih, transparan, serta akuntable.

Karo SDM POlda Kaltim, Kombes Pol Herman Ismail, menyebutkan, dalam rekrutmen yang ada sekarang ini adalah pola yang dimulai sejak tahun 2007 lalu. Sebagai bentuk grand desain Reformasi Birokraso Nasional (RBN).

“Oleh karena itu program rekrutmen menjadi pintu masuk yang sangat strategis untuk mendapatkan calon-calon anggota Polri yang berkualitas. Sehingga kami melakukan sosialisasi ke beberapa wilayah kabupaten/kota, sebelum memasuki masa pendaftaran taruna Akpol pada tahun 2012 ini. Agar informasi penerimaan, dapat diketahui oleh siswa-siswi yang lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan dapat menarik minat mereka untuk mengabdi pada bangsa dan negara,” jelasnya.

lebih jauh Karo SDM POlda Kaltim, Kombes Pol Herman Ismail, menerangkan, bahwa selama ini Polri telah berhasil mewujudkan konsep good governance. Sehingga pada tahun 2008 lalu, rekrutmen yang ada diakui oleh Sucofindo Internasional Certification Services melalui penghargaan ISO 9001:2008 dalam menerapkan sistem manajemen mutu pada penerimaan taruna Akpol. “Kepada orang tua yang buah hatinya hendak masuk menjadi bagian dari Polri, agar tidak perlu khawatir dan takut. Karena masuk Polri tidaklah dipungut biaya. Karena penerimaan taruna Akpol sendiri dilakukan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Kutim AKBP Budi Santosa didampingi oleh Wakapolres Kompol Sutrisno, menjelaskan, sekarang ini adalah kesempatan untuk putra-putri di kabupaten Kutim. Untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kepolisian, apalagi selama pendidikan nantinya tidak akan dipungut biaya. “Minat calon taruna diharapkan akan meningkat setelah dilakukan sosialisasi yang dilakukan oleh Polda Kaltim dan Polres Kutim, yang kali ini terpusat di SMA 2 Sangatta Utara. Apalagi Akpol sebagai sebuah lembaga pendidikan yang akan terus melahirkan Perwira Polri yang praktisi dan akademisi, dengan melakukan penjaringan di setiap daerah,” terangnya.

Pembukaan pendaftaran taruna Akademi Kepolisian (Akpol), yang dimulai sejak 23 April hingga 22 Mei 2012. Dimana pendaftaran dapat dilakukan di Bagsumda Polres Kutim, yang bertempat di Jl Bhayangkara No. 01 Komplek Perkantoran Bukit Pelangi.  (GWP)

Leave A Comment

*