Kemenpera Membantu, Bapemas Meragukan Berhasil

SANGATTA,GWP(05/6) -Sebanyak 500 unit rumah warga miskin di Kutai Timur (Kutim) akan direhabilitasi Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Perbaikan rumah yang pertama kali dilakukan ini,  dipusatkan di Kecamatan  Busang  dan Kaliorang. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Erlyan Noor, didampingi Kabid Sumber Daya Alam  (SDA) dan TTG ( Teknologi Tepat Guna) Lamhot H Siregar, pada wartawan, menerangkan  program perbaikan rumah bagi warga yang kurang mampu.“ Karena hanya perbaikan rumah, dengan dana Rp7,5 juta per unit rumah, selain itu  karena tahap percobaan kegiatan  dipusatkan di Kecamatan  Busang dan Kaliorang,” jelas Lamhok seraya menegaskan kepastian pelaksanaan menunggu keputusan Kemenpera.

Lebih jauh, Lamhok menyebutkan, proses pelaksanaan perbaikan sepenuhnya diserahkan kepada penerima dimana dananya akan dikirim Kemenpera langsung ke penerima. “Pemkab Kutim melalui Camat dan Kades akan membantu memonitor apakah dana yang diterima benar-benar digunakan untuk perbaikan rumahnya,” terang Lamhok meski sebelumnya ia mengaku belum mengetahui mekanisme pelaksanaan dan pengawasan.

Diakui Lamhok, dalam pembuatan rekening, pihak Kemenpera akan memanfaatkan e-KTP yang sudah dibagikan semua kecamatan. Tak heran, Lamhok mengaku tidak mengetahui kapan dana perbaikan dikirim. “Mungkin  orang kemenpera sendiri yang  cek langsung atau seperti apa.  Yang penting kami terima dulu  penawaran pusat ini, soal pelaksanananya, nanti baru  disesuaikan petunjuk teknisnya,” katanya.

Disinggung hasil karena Bapemas beberapa tahun lalu pernah melakukan program serupa, Lamhok mengaku kurang yakin berhasil karena dana yang diberikan tidak bisa memenuhi kebutuhan sebenarnya.  “Bantuan pemerintah pusat ini sifatnya hanya menambal, jadi kurang maksimal, kami berfikir terpenting ada, dari pada ditolak, terimah saja. Karena memang masih banyak warga yang  membutuhkan,” kata Lamhok.(GWP-1)

Leave A Comment

*