Dimulai 4 Juni, Penerbangan Perintis Sangatta

SANGATTA, GWP (24/5) -Meski sempat tertunda beberapa bulan dari jadwal, penerbangan perintis dari Tanjung Bara Sangatta – Sepinggan Balikpapan, dijadwalkan Selasa (4/6) mendatang dimulai. Selain Tj Bara – Balikpapan, juga dijadwalkan penerbangan Temindung Samarinda – Muara Wahau.

Kadis Perhubungan dan Kominfo Kutim Johansyah Ibrahim, menyebutkan, belum lama ini dibahas MoU kerjasama antar beberapa pihak diantaranya PT KPC sebagai pemilik Bandara Tanjung Bara, Pemkab Kutim, Dishub Kaltim, PT Kaltstar sebagai operator penerbangan.

Disebutkan, MoU segera dilakukan setelah semua pihak dengan rinci memberikan peran yang akan dilakukan guna mensukseskan penerbangan perintis di Kaltim. “Nantinya jenis pesawat yang digunakan yakni Cassa yang mampu membawa lebih lima belas penumpang, karenanya semuanya akan dibahas bersama dan dituangkan dalam MoU,” ujar Johansyah.

Ia mengakui, pembahasan MoU sudah dimatangkan beberapa pekan lalu, karenanya selain dibahas MoU juga ditindaklanjuti dengan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Disebutkan, pada rapat terdahulu, semua pihak hadir diantaranya Sekkab Ismunandar mewakili Pemkab Kutim, kemudian Hasrul Sani (KPC), Kustono (PT Aistar).

Sebelumnya, Sekkab Ismunandar kepada media ini menerangkan, Surat Keputusan (SK) Bupati Kutim dan SK Kementerian Perhubungan  sudah terbit tentang dibukanya jalur transportasi udara Sangatta- Balikpapan dengan memanfaatkan Bandara Tanjung Bara. “Kedua SK terpenting untuk penerbangan perintis itu sudah terbit, terutama dari Kementrian perhubungan karenanya kini dibahas masalah teknis,” ujar Sekab Ismunadar ketika dijempai di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Ismunandar menambahkan, PT KPC sangat mendukung adanya penerbangan perintis karena semakin membantu kelancaran jalur udara yang kini dirasakan KPC semakin meningkat. “Selama ini, banyak penerbangan KPC digunakan masyarakat umum dengan adanya penerbangan perintis sangat membantu beban KPC yang memang menyediakan penerbangan khusus,” ujar Ismunandar.

Muhammad Yasin  dari Bandara Temindung, menerangkan, penerbangan perintis di Kutim sudah disetujui Kemenhub melalui SKEP Dirjen Kemenhub  RI No. Kp 411/2012 tanggal 8 November 2012 tentang rute Sangatta- Balikpapan dan rute Samarinda-Muara Wahau sesuai kontrak 0485/AU.001/TMD/2013 tanggal 12 April 2013.

Disebutkan, jika beroperasi,  Aviastar DRG-6 akan menyediakan  18 seat dan 14 seat untuk penerbangan Sangatta-Balikpapan, sementara  Samarinda-Muara Wahau. Menyinggung tarif, Johan yang dikenal sebagai mantan wartawan menyebutkan, untuk rute  Sangatta- Balikpapan Rp 295.400. Sedangkan Temindung Samarinda –Muara Wahau tarifnya Rp 275.600 per orang dewasa.

Ia menambahkan, jadwal  penerbangan  dari  Balikpapan ke Sangatta dijadwalkan  Selasa dan Jumat. Sementara penerbangan ke Muara Wahau dan sebaliknya, dijadwalkan Rabu.  “Sekarang ini, diperlukan tempat check ini, personel dan alat timbang,” kata Muhammad Yasin. (GWP-1)

Comments
2 Responses to “Dimulai 4 Juni, Penerbangan Perintis Sangatta”
  1. DJ Ryu says:

    Mohon info untuk jadwal penerbangan Balikpapan – Sangatta (PP)

    Untuk pembelian tiket dimana ya ?

    Trims

    • admin says:

      Terima kasih sudah mengunjungi Website kami
      Info lengkap bisa datang ke Dinas perhubungan, bidang perhubungan udara di Bukit pelangi.

      Salam,

      Bakri Hadi
      Pemimpin redaksi

Leave A Comment

*