asian dating
free dating
free dating sites
best dating sites
free dating site
dating websites
free dating
free online dating
free dating sites
dating sites

Bacaleg Bermasalah, 2 Orang Dibawah Umur

SANGATTA,GWP (6/5) -Entah mengerti akan peraturan atau tidak, yang pasti sejumlah Bakal Calon Legeslatif  (Bacaleg) DPRD Kutai Timur (Kutim) ditemukan belum lengkap administrasinya. Parahnya, dari ratusan berkas yang ada ternyata ada 2 Bacaleg belum berusia 21 tahun.

Ketua KPU Kutim Mardianto menerangkan, saat dilakukan verifikasi ditemukan beberapa kesalahan yang perlu disempurnakan. “Ada STTB yang dilampirkan tidak sesuai nama, selain itu ada juga STTB yang disahkan Dinas Pendidikan sebenarnya harus langsung disahkan sekolah bersangkutan,” ujar Mardianto.

Didampingi sejumlah petinggi KPU lainnya, disebutkan, jika semua temuan KPU tidak segera diperbaiki akan dilakukan pencoretan. KPU, ujar Mardianto, akan memberikan waktu kepada Parpol dan Bacaleg untuk segera menyelesaikan perbaikan yang harus diperhatikan.

Terhadap umur Bacaleg, diakui ditegaskan minimal 21 tahun selain itu, semua Bacaleg yang pindah partai dan berstatus anggota dewan wajib menyampaikan surat pengunduran dari keanggotaan partai lama. “Untuk keanggota DPRD bisa dalam bentuk surat keterangan yang menyatakan proses pemberhetian yakni PAW sedang dilakukan,” terang Mardianto.

Sedangkan bagi aparat pemerintah termasuk Kepala Desa (Kades) atau BPD, berkewajiban membuat surat pengunduran diri yang disampaikan paling lambat 22 Mei 2013 lalu.

Menurut Mardianto, masalah persyaratan Bacaleg sudah disampaikan KPU ke semua Parpol termasuk contoh-contoh surat. Disinggung kenapa masih banyak Bacaleg yang bermasalah, Mardianto dan pengurus Parpol mengaku tidak memahami namun ia menduga karena merasa tidak ada masalah. “Jika sudah diverifikasi, maka batas waktunya sangat sempit karenanya KPU meminta perhatian semua Parpol dan Bacaleg, agar saat diumumkan DCS semua sudah beres,” ungkap Mardianto.

Ditanya partai mana yang banyak bermasalah, ia enggan memberikan komentar namun diakuinya hampir semua partai ada temuan. “Jika dilihat-lihat hampir semua partai ada saja calon yang diusulkan bermasalah, karenanya KPU segera akan memberikan informasi kepada Parpol untuk segera melakukan perbaikan sebagaimana diminta aturan,” tegasnya.(GWP-1)

Leave A Comment

*